Sejarah Arung Palakka


SEBELUM diangkat menjadi Arumpone, Singkeru’ Rukka Arung Palakka (1860 - 1871) pernah juga menjadi Arung Bulobulo. Raja Bone ini diangkat hanya semata-mata keinginan Kompeni Belanda dan bukan atas kesepakatan Dewan Hadat Tujuh Bone. Dia diserahkan akkarungeng di Bone oleh Kompeni Belanda, karena dialah yang selalu menemani dan membantu Kompeni Belanda menyerang MatinroE ri Majennang Suppa. Singkeru’ Rukka Arung Palakka adalah anak We Baego Arung Macege dari suaminya Sumange’ Rukka To Patarai Arung Berru’ cucu dari La Mappasessu To Appatunru Arumpone MatinroE ri Lalengbata. Arumpone Singkeru’ Rukka kawin dengan sepupu satu kali dari pihak ibunya, Sitti Saira Arung Lompu saudara perempuan MatinroE ri Ajang Benteng.
Dalam Lontaraq Akkarungeng ri Bone, dijelaskan bahwa anak La Mappawewang Arung Lompu Anreguru Anakarung ri Bone dengan isterinya We Tabacina Karaeng Kanjenne. Dari perkawinannya itu, lahirlah We Patima Banri Arung Timurung. Inilah yang kawin dengan sepupu satu kalinya I Magguliga Andi Bangkung Karaeng Popo, anak We Pada Arung Berru dengan KaraengE ri Gowa Tu Mammenanga ri Kalabbiranna. We Patima Banri Arung Timurung dengan I Magguliga Andi Bangkung melahirkan We Sutera Arung Apala.Selanjutnya Singkeru’ Rukka Arung Palakka kawin lagi dengan I Kalossong Karaeng Langelo. Dari perkawinannya itu lahirlah La Pawawoi Karaeng Sigeri.
Singkeru’ Rukka lalu kawin lagi dengan I Tatta atau I Jora, lahirlah La Panagga Pangulu Jowa ri Bone. Kemudian La Panagga kawin dengan Arung Patingai, lahirlah E Suka Arung Data. E Suka Arung Data kawin dengan La Mallarangeng Daeng Mapata Arung Melle. Anak dari La Makkarodda Anre Guru Anakarung Bone dengan isterinya We Kusuma, anak Toancalo Petta CambangE Arung Amali To Marilaleng Bone. Dari perkawinan itu lahirlah La Mandapi Arung Ponceng yang kemudian kawin dengan Daeng Tapuji anak dari La Baso Daeng Sitaba Arung Ponceng. Dari perkawinan itu lahirlah La Patarai dan We Nona. Kemudian La Patarai kawin dengan anak Arung Bettempola La Makkaraka dengan isterinya We Laje Petta Ince bernama We Tappu. Dari perkawinan La Patarai dengan We Tappu lahirlah We Ratna, La Takdir dan We Megawati. (Lontaraq Akkarungeng ri Bone dalam Makkulau, 2009).
We Nona kawin di Parepare dengan La Dewang anak dari We Rela dengan suaminya bernama La Makkawaru. Kemudian La Pananrang Pangulu JowaE kawin lagi dengan We Saripa, lahirlah seorang putera bernama La Maddussila Daeng Paraga Tomarilaleng Bone, juga sebagai MakkedangE Tana ri Bone. Inilah yang kawin dengan sepupu satu kalinya bernama Petta Tungke Besse Bandong anak dari La Pawawoi Karaeng Sigeri dengan isterinya yang bernama Daeng Matenne. Dari perkawinannya itu lahirlah Amirullah.
Pada tanggal 13 Februari 1860, kontrak perjanjiannya dengan Kompeni Belanda selesai sebab memang Akkarungeng ri Bone hanya berlaku sementara karena Singkeru’ Rukka terlalu menginginkannya. Dalam suatu khutbah Jumat namanya disebut Sultan Ahmad. Dalam tahun 1871, Singkeru’ Rukka meninggal di Topaccing sehingga digelarilah MatinroE ri Topaccing. Singkeru’ Rukka menjadi Arumpone selama 11 tahun (1860 – 1871). Beliau digantikan oleh anaknya bernama We Fatimah Banri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar